Selasa, 12 Desember 2017

Rpp



Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 
Nama Sekolah     :  MI Salafiyah
Tema                    :  Diri Sendiri
Kelas/Semester    :  II / 1
Alokasi Waktu     :  3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                    
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                                
·       Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                        
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                 
·         Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                          
·         Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                          
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                            
·          Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Rupa                    :  Mengapresiasi karya seni rupa.           
  • Seni Tari                      :  Mengapresiasi karya seni tari

Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
  • Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.   IPS
  • Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3.   IPA
·         Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
  • Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
 4,  Matematika
·         Membandingkan bilangan 1 sampai 500
  • Mengurutkan bilangan sampai 500
5.      Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
  • Mendeskripsikan isi puisi
·         Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·         Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·         Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·         Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·         Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·         Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
  • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
  • Mengidentifikasi gerak alam semesta

I.    Tujuan Pembelajaran****:
            Siswa dapat  :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
·         Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·         Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·         Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·         Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
·         Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·         Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·         Menjelaskan sifat benda padat
·         Menjelaskan sifat benda cair.
·         Menentukan bilangan 1 samapai 500
·         Menentukan bilangan lebih besar.
·         Menentukan bilangan lebih kecil.
·         Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·         Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·         Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·         Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·         Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·         Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·         Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
·         Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·         Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·         Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·          Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi
·         Menjelaskan isi puisi
·         Memperagakan percakapn
·         Membuat percakapan.
·         Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Mengajukan pertanyaan bacaan,
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi..
·         Melengkapi cerita
·         Menyusun kalimat  menjadi cerita
·         Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·         Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·         Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·         Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·         Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·         Memilih objek benda alam yang menarik.
·         Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·         Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·         Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·         Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hidup gotong royong.
·         Dokumen pribadi dan keluarga
·         Manfaat dokumen.
·         Bagian utama tumbuhan dan hewan
·         Sifat benda
·         Bilangan 1 – 500
·         Mengurutkan bilangan.
·         Mendengarkan teks pendek.
·         Deskripsi puisi.
·         Percakapan]
·         Puiai
·         Membaca teks pendek.
·         Menjelaskan isi puisi
·         Melengkapi kalimat.
·         Menulis.
·         Unsur rupa
·         Gerak alam semesta.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B.  Kegiatan inti   :
Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati bilangan yang ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F Siswa membaca bilangan dengan tepat.
F Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F Melakukan tanya jawab tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F Menceritakan kembali isi teks pendek dengan  bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F Siswa dapat membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F Melalui Tanya jawab siswa dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan keluarga.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat membandingkan dua  kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari  dan kurang dari.
F Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
F Siswa dapat menbaca kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  ( B. Indonesia,IPA,  PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penuh percaya diri siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F Siswa dapat memahami cara hidup bergotong royong.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     
      Pertemuan ke lima  3  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS,  Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F Siswa membaca teks pendek dengan susra yang nyaring ( terdengar oleh orang lain)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melakukan tanya jawab tentang teks yang telah dibaca.
F Melalui penugasan siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F Siswa dapat memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F Melalui penugasan dari guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 – 500.

·   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     

     Pertemuan ke enam  3 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B.   
     Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara individual siswa membaca bilangan 1-500
F Melalui pengamatan pada model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F Siswa menjelaskan  mengenai unsur seni rupa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500  secara urut secara klasikal.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar